Apa Siapa Dan Bagaimana Pemberdayaan Masyarakat

APA SIAPA DAN BAGAIMANA PEMBERDAYAAN MASYARAKAT
Oleh: Tata Setiawan Nataatadja, SE

Bidang ini sangat akrab dengan LKD dan sangat dekat dengan RT dan RW, dan merupakan salah satu tugas penyelenggara Pemerintahan Desa dibidang Pemberdayaan Masyarakat.

Pemberdayaan masyarakat adalah proses pembangunan di mana masyarakat berinisiatif untuk memulai proses kegiatan sosial untuk memperbaiki situasi dan kondisi diri sendiri. Pemberdayaan masyarakat hanya bisa terjadi apabila masyarakat itu sendiri terlibat dan dilibatkan dalam pembanguna yang berpartisipatif.

Pemberdayaan masyarakat adalah upaya meningkatkan kemampuan dan potensi yang dimiliki masyarakat sehingga masyarakat dapat mewujudkan jati diri harkat dan martabatnya secara maksimal untuk bertahan dan mengembangkan diri secara mandiri baik di bidang ekonomi, sosial, budaya, agama dan lain lainnya.

Dengan memperbaiki kegiatan yang dilakukan, diharapkan dapat memperbaiki kelembagaan, sebab kelembagaan yang baik akan mendorong masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan. Perbaikan ekonomi diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan kelembagaan desa dan seluruh masyarakat.

Pemberdayaan adalah upaya untuk membangun daya itu, dengan mendorong dan membangkitkan kesadaran akan potensi yang dimilikinya serta berupaya untuk mengembangkannya, serta memperkuat potensi yang dimiliki masyarakat (inpowering).

Pemberdayaan masyarakat, secara lugas dapat diartikan sebagai suatu proses yang membangun manusia atau masyarakat melalui pengembangan kemampuan masyarakat, perubahan perilaku masyarakat, dan pengorganisasian masyarakat. Setidaknya ada tujuh tahapan untuk melakukan kegiatan pemberdayaan masyarakat, yaitu:
1. Persiapan. Pada tahap ini ada dua hal yang harus dilakukan yaitu penyiapan petugas/sdm dan penyediaan lapangan. …
2. Pengkajian (assesment) …
3. Perencanaan Alternatif Program. …
4. Formalisasi Rencana Aksi. …
5. Pelaksanaan Program. …
6. Evaluasi. …
7. Terminasi.

Pemberdayaan Masyarakat Desa adalah upaya mengembangkan kemandirian dan kesejahteraan masyarakat dengan meningkatkan pengetahuan, sikap, keterampilan, perilaku, kemampuan, kesadaran, serta memanfaatkan sumber daya melalui penetapan kebijakan, program, kegiatan, dan pendampingan yang sesuai dengan esensi masalah.

Terimakasih. Semoga barokah. Aamiin..

Penulis adalah:
Tutor PusBimtek Palira.
Menejer PusBimtek Palira Wilayah Propinsi Jawa Barat

Bagikan manfaat >>

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ada yang bisa kami bantu? .
Image Icon
Profile Image
Bimtek Palira Perlu bantuan ? Offline
Bimtek Palira Mohon informasi tentang bimtek :