Pancasila Lahir 1 Juni Atau 18 Agustus ?

Tanggal 1 Juni itu usulan istilah dasar negara, yaitu Pancasila. Bukan Substansinya. Istilah tersebut disampaikan oleh Soekarno pada tanggal 1 Juni 1945 di hadapan sidang BPUPKI.

Tanggal 18 Agustus itu penetapan substansi dasar negara yang berisi sila dan lazim disebut Pancasila. Hal tersebut disampaikan oleh PPKI pada tanggal 18 Agustus 1945 yang diskripsi lengkapnya dituangkan pada alenia ke empat dalam Pembukaan UUD 1945 dalam sidang penetapan Undang-Undang Dasar Negara.

Bagi yang berpendapat bahwa lahirnya Pancasila adalah 1 Juni, maka orang tersebut dapat kategorikan hanya mengakui Pancasila sebagai nama atau istilah, tanpa substansi dan esensinya. Atau dengan kalimat lain mengakui nama saja, tanpa raga, apalagi jiwa.

Sedangkan bagi yang berpendapat bahwa lahirnya Pancasila adalah 18 Agustus, maka orang tersebut dapat dikategorikan mengakui Pancasila itu pada hakekatnya adalah sebagai substansi dan esensi dasar atau landasan negara.

Yang perlu diingat, bahwa lahir itu hakekatnya adalah hadirnya diskripsi (raga) dan substansi esensialnya (jiwa), bukan nama atau istilah. Nah, sekarang silakan anda lebih sepakat dengan kategori yang mana, itu terserah anda. Semoga anda mampu mencerdasi masalah ini.

Terimakasih. Semoga barokah. Aamiin..

Bagikan manfaat >>

2 komentar untuk “Pancasila Lahir 1 Juni Atau 18 Agustus ?”

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ada yang bisa kami bantu? .
Image Icon
Profile Image
Bimtek Palira Perlu bantuan ? Online
Bimtek Palira Mohon informasi tentang bimtek :