Peran Lkd Sebagai Penunjang Keberhasilan Pemerintah Desa

PERAN LKD SEBAGAI PENUNJANG KEBERHASILAN PEMERINTAH DESA
Oleh: Arohati Bago, S.Th

Lembaga Kemasyarakatan Desa (LKD) adalah lembaga yang resmi dibentuk di desa sesuai dengan rujukan Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 18 Tahun 2018. LKD yang dibentuk tersebut sebagai mitra Pemerintah desa dalam meningkatkan partisipasi masyarakat. Ada beberapa kelompok masyarakat yang ada didalam LKD ini antara lain : Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa (LPM), Tim Penggerak PKK, Posyandu, Karang Taruna, Rukun Tetangga, Rukun Warga, linmas, Gapoktan dll.

Semua yang tergabung dalam LKD ini adalah bagian atau keterwakilan dari masyarakat desa itu sendiri dan berfungsi untuk memupuk rasa persatuan dan kesatuan masyarakat dan meningkatkan kualitas serta mempercepat pelayanan Pemerintah desa kepada masyarakat desa.

Bimtek Tutor Tata Kelola Desa Angkatan Ke-4

Apa bila semua kelompok masyarakat yang tergabung didalam LKD ini aktif melakukan perannya masing- masing maka kinerja Pemerintah desa akan semakin mudah dan semakin efektif, baik dalam perencanaan, penganggaran maupun dalam pelaksanaannya.

Jadi dalam hal ini Pemerintah desa harus dapat memberi dorongan kepada LKD agar mereka berperan aktif di tengah-tengah masyarakat dan berdaya guna sehingga apa yang menjadi misi Pemerintah Desa dapat tercapai dan terlaksana dengan baik.

Terimakasih. Semoga barokah. Aamiin..

Penulis adalah:
Tutor PusBimtek Palira.
Menejer PusBimtek Palira Daerah Kabupaten Nias Selatan Propinsi Sumatera Utara

Bagikan manfaat >>

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ada yang bisa kami bantu? .
Image Icon
Profile Image
Bimtek Palira Perlu bantuan ? Offline
Bimtek Palira Mohon informasi tentang bimtek :